Pengertian Root | KUMANDROID

Pengertian rootandroid sebenarnya sama aja dengan upgrade. Itu tadi supaya kita bebas mengunduh aplikasi termasuk game ringan di market atau non market. Pasti menyenangkan jika bisa bebas mengunduh aplikasi-aplikasi seru. Gadget berbasis Android kini terlanjur menjadi trendsetter di kalangan penggila HP bahkan, sudah menjadi bagian gaya hidup. So, gadge yang belum di-root terkesan ketinggalan jaman.



Keuntungan lain dari root 

Keuntungan lain dari root adalah themes yang bisa diubah-ubah tergantung mood. Untuk anda-anda sekalian gan yang mudah bosan, penggantian variasi themes yang baru bisa jadi pengalaman seru untuk agan-agan semuanya, walau sebenarnya theme itu sendiri sudah terakomodasi dengan baik pada aplikasi market yang biasa. Hal lain yang patut diketahui ialah Android ponsel yang sudah di-root masih punya kemampuan menginstal dari market maupun non market, canggih bukan? Beda dengan IPhone jailbreak yang langsung keok saat terhubung ke I Tunes, sebagai koneksinya kan langsung ke-block kala konek ke I Tunes, sayang sekali padahal sesama Apple.

Kelemahan meski sebagian orang telah berpendapat kalau root dapat merusak sistem. Kenyataan tidak seburuk itu bro! Iya sih, kalau gagal root, harus mengulang proses dari awal dan makan waktu lama. Tapikan kesabaran Anda akan menghadirkan keasyikan tersendiri dengan fitur-fitur yang berhasil didapat dari aplikasi gratis. Sayangnya, anda harus rela kalau garansi gadget anda hangus kalau jika sudah di-root.

Root juga bisa menghilangkan Garansi Android Anda.  
Jika tidak ingin kehilangan garansi, maka anda bisa memilih melakukan root setelah berakhirnya masa garansi.
Karena dengan melakukan Root, kita sudah tidak menggunakan pengaturan bawaan pabrik yang sudah dibuat sedemikian rupa. Jadi coba pikir-pikir dulu sebelum melakukan Root. Nah, setelah memahami apa itu root dan keuntungannya, anda juga harus mengetahui kelemahannya.

Dengan demikian, anda tidak salah dalam mengambil keputusan. Disini kita seharusnya tak usah meragukan betapa simpelnya OS Android, wajar saja Robot Hijau itu cengengesan melulu, seolah nyindir saingannya dari OS lain. Memang, root mematahkan garansi gadget anda. Banyak manfaat yang bisa anda nikmati, garansi yang hangus dan persentase kemungkinan kegagalan yang kecil apalagi jika sudah tersedia di menu HP..


Fungsi root !!! 

Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses.

Root/rooting itu apa? 

Rooting itu merupakan proses buat mengembalikan hak administratif terhadap HH yang kita gunakan (walaupun sebenarnya Android itu opensource, tapi nyatanya kita masih dibatasi buat mengakses system HH kita), dengan kata lain, dengan me-root HH, kita bisa bebas dalam mengedit atau menambah file kedalam HH kita.

Memang HH harus di root ya? 

Root bukan merupakan suatu keharusan. kalo beli HP cuma buat SMS, telpon, internetan, dan ngga mau berhubungan dengan masalah system, mending ngga usah di root.

Kenapa Harus di Root gan? 

Tujuan utama "rooting" adalah untuk mendapatkan kekebasan dan kontrol penuh terhadap Android devices yang kita gunakan. Kalau kita sudah berhasil melakukan "rooting" maka kita bisa melakukan apa saja termasuk kegiatan "tweaking" untuk meningkatkan perfomance dan kinerja Android devices kita.

Keuntungan Lain Dari Proses Rooting? 

Yang jelas dengan meroot device kita, kita bisa meningkatkan performance device. artinya, kita bisa memindahkan dan mengatur cache memory, melakukan over clocking, memindahkan aplikasi ke external memory yang tujuannya meningkatkan kinerja device kita. Merubah 'core' application. Kalau udah "nge-root" kita bisa mengganti atau bahkan menghapus aplikasi-aplikasi "core" bawaan si Android, termasuk kebebasan untuk menambahkan dan memodifikasi tema baru, Mengedit aplikasi inti yang sudah terinstall. Tidak itu saja, kita pun dapat melakukan backup dan recovery boot images, juga melakukan penambahan (instalasi) aplikasi berbasis Linux binary.

Terus cara melakukan rooting? 

Prosedur yang digunakan untuk melakukan rooting sangat bervariasi tergantung dari devices Android yang dipergunakan. Sekalipun bervariasi tapi pada umumnya  bahwa antara devices yang 1 dengan devices yang lain tidak terlalu berbeda cara melakukan rootingnya.

Katanya root bisa menghilangkan garansi? 

Adalah benar. Root itu diibaratkan seperti “segel garansi”. Analoginya seperti ini, apabila agan membeli compute buatan pabrik (bukan komputer rakitan), biasanya akan dilengkapi dengan segel atau stiker garansi. Segel ini biasanya akan rusak bila kita membuka casing computer. Sama halnya dengan root Android. jika HP agan mengalami kerusakan, misalnya speaker tidak berbunyi dan dibawa ke Service Center dengan kondisi ter-root, maka ada kemungkinan klaim garansi akan ditolak dan dikatakan bahwa ponsel rusak akibat proses root, padahal sebenarnya tidak. Tapi sebenarnya ngga usah galau dan bimbang, berbeda dengan segel garansi, proses root dapat dibalikkan atau ponsel dikembalikan ke kondisi awal. Proses ini dinamakan Unroot.

News Root
2 comments
Top comments
Newest first
  1. Content Creator
    Sip gan sangat bermanfaat !
  2. Kumandroid
    Txs support nya, kalok ada yang perlu di tayakan silahkan tanya kan gan, kita akan respown pertannyaan nya anda.
Link copied successfully.